Jantungmu Berdetak Lebih Cepat, Jatuh Cinta?

cinta-jantung130213bsumber gambar: health.liputan6.com673 × 373Telusuri pakai gambar

Full House memang pemegang andil terbesar sehingga saya bisa addicted ke drama Korea, but sebelum Full House pun sebenarnya saya sudah menggila.

Saya lupa judul drama tersebut apa, yang pasti di sana menceritakan tentang seorang pria yang memiliki pacar sekarat. Sebelum meninggal, pacar sekarat pria itu mendonorkan jantung nya.

Entah kebetulan, takdir, ataukah kehendak penulis saya tidak yakin. Tapi pria tersebut bertemu dengan si wanita penerima donor jantung pacar nya.

Penasaran dengan scene yang membuat saya ‘hampir gila’ dan mengingatnya sampai sekarang kemudian menuliskan di sini?

Waktu itu hujan rintik-rintik. Pria dan wanita itu memakai payung melewati sebuah tangga lebar di jalanan dari arah yang berlawanan.

Di sana waktu berhenti. Terdengar detak jantung yang berdegup kencang bersama dengan iringan soundtrack. Kemudian narasi yang berbunyi; “Jantung ku menemukannya. Jantung ku berdegup kencang saat menemukannya.”

Saya benar-benar lupa daratan waktu itu. Lol.

Kemudian Vallendri remaja yang polos mulai bertumbuh. Perlahan-lahan dunia mulai memperkenalkan ‘diri’ nya yang sebenarnya.

Fenomena ‘jantung berdetak cepat’ pun mulai memiliki berbagai sisi.

Tergantug dari sisi mana kita melihat, Vallen menganalisa setidaknya ada lima penyebab mengapa ‘jantung kita berdetak cepat’.

  • Jatuh cinta

Baiklah, jangan hilangkan fantasi remaja kita. Jangan abaikan itu juga, maka saya memasukannya sebagai penyebab pertama.

Well, sampai saat ini saya sendiri juga belum yakin atas point yang ini. Benarkah? Ada scientific result nya kah? Dunno. But pernahkah kalian mendengar pribahasa yang mengatakan; “Sekalipun itu adalah batang mati, namun jika orang se-kampung mengatakan Naga, maka Naga lah itu.”

So, mari percaya saja.

  • Nafsu

Nah yang ini nih yang sering sekali kita salah tanggap dengan point pertama.

Kamu sedang duduk di bawah pohon kelapa memandang sunset bareng si dia, kamu menyandarkan kepala di dada nya, eh ternyata jantungnya berdegup seperti sapi gila. Lalu kamu berpikir; “Oh my God dia lagi jatuh cinta stage berat.”

Come on! Lebih besar peluang point ke dua ini girls.

Ups, sorry to say, but face it!^^

Kamu masih bisa memiliki peluang memenangkan permainan jika kamu sudah tahu lawan main mu dann juga permainan itu sendiri.

  • Olah raga

Ini pasti. Jika denyut jantung kamu masih normal, maka kamu perlu memeriksakan jantung mu ke rumah sakit terdekat.

Menurut hitungan medis, kesehatan kardiovaskular kamu di katakan normal jika denyut jantung kamu sekitar 220-usia kamu.

Missal kamu berusia 30 tahun. Maka denyut jantung normal setelah olah raga buat kamu adalah 220-20= 190 per menit. Sekitar situ lah.

  • Ketakutan

Tahukah kamu bagaimana konsep lie detector? Inti nya polygraphs merupakan alat yang memantau perubahan pada tubuh manusia.

Saat menjalani tes kebohongan kamu akan di pasang beberapa alat yaitu sensor pernafasan, detak jantung dan aliran darah, dan sensor keringat serta kadang juga di sertai sensor gerak tubuh.

Ini bahas masalah ketakutan kok jauh banget ke lie detector ya?

Diem! Baru juga mau ngejelasin. ^^

Saat melakukan kebohongan manusia secara alami akan terserang rasa takut ‘ketahuan’. Rasa takut ini menyebabkan jantungnya berdetak lebih kencang dari biasanya dan membuat grafik hasil sensor menjadi tidak stabil.

Itulah kelemahan alat lie detector sehingga Psychopath bisa lolos. Mereka kan nggak punya yang namanya rasa takut. *seremsss*

  • Penyakit kronis

Pagi-pagi kebangun berdebar-debar nggak karuan, duduk, malah makin parah. Ngeliat ke dinding ada foto si dia ukuran baliho, lalu menyimpulkan “Gue fixed jatuh cinta berat. Jantung gue ampe kek gini.”

Gee…!! Sadar girl sadar! 😛

Well, sekian cecuap saya tentang jantung berdetak cepat. Semoga berkenan atau berguna sebagai bahan pengingat, pencerahan, atau bahan buat di kata-katain juga hayu we lah asal kamunya seneng^^

Bagaimana menurut kalian? Setuju? Mangga di like, share, reblog:). Ada sanggahan atau tanggapan? Sok tinggalkan di kolom komentar. Untuk tulisan-tulisan menarik lainnya bisa di lihat di archives. Kemudian untuk tulisan lain yang akan terbit di masa mendatang, sok subscribe! Semuanya gratis tis tis tis 😛

Have a nice day^^

 

Advertisements

What you think guys?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s