13 Kebohongan Yang Sebaiknya Dihindari Sejak Kencan Pertama

Pic from Thought Catalog

Bohong. Siapa yang belum pernah bohong? Anyone? Hah! Sekarang kamu lagi bohong kalau bilang “aku nggak pernah”.

Semua manusia pasti pernah bohong lah ya untuk berbagai alasan dan berbagai porsi.

Ada yang bohong skala abal-abal untuk sekadar iseng atau memberi surprise, ada yang bohong lumayan dan konon katanya demi kebaikan, bahkan ada yang bohong besar demi tujuan besar pula contohnya para politisi.

Ah intina mah semua orang pernah bohong tak terkecuali sewaktu membina hubungan atau berkencan.

Well, kadang berbohong memang membuat semuanya lebih simpel dan mudah, kadang itu benar-benar membantu, tapi tahukah kamu bahwa sesungguhnya ada beberapa kebohongan yang akan berakibat fatal saat kamu terapkan dalam dunia perkencanan?

Kebohongan apa saja mereka, mari langsung saja kita simak sebagai berikut:

Credit on the pic

1. Nama

Obviously krusial dan ya kebohongan yang satu ini? Tapi jangan salah, ada sajaaa yang melakukan.

Saya tidak tahu dan tidak peduli apa alasan kamu memalsukan nama, tapi menurut saya itu agak sedikit. . .sangat mengecewakan saat ketahuan.

I mean jika saya adalah yang dibohongi, maka saya akan berpikir “Wah, nama saja dia sudah bohong, bagaimana yang lainnya?”

So, saat namamu Hayati, ya sudahlah nggak usah sok mengaku Angel. Di dalam namamu ada doa dan harapan dari Papa dan Mama, seenaknya saja diganti-ganti.

Kalau seumpama kamu dan dia kenal dari suatu forum dimana di forum tersebut kamu menggunakan nama pena/nickname, maka saat kencan pertama dan kamu merasa cocok/nyaman sama dia, usahakan kasih tau saja yang sebenarnya.

2. Umur

Berhubung Si Cakep di profilnya menulis “mencari wanita 23-28 tahun”, akhirnya kamu yang masih 17 ini merubah usia menjadi 25.

Ah berabe itu nanti! Bagaimana kalau ternyata Tuhan membuat Cakep cinta berat pada pandangan pertama dan keesokan harinya langsung datang kerumah untuk melamar kamu?

Mama mu bisa gila gegara kamu bahkan belum lulus sekolah eh sudah di lamar. Dan dia juga akan kaget dan bisa jadi ilfeel saat Mama mu menuduh dia pedofil sedangkan di otaknya kamu ya sudah di usia matang.

Ha ha ha ha apasih analogi dan imajinasi saya kok semakin hari semakin aneh ya? But anyway pokoknya nggak usah bohong-bohong masalah umur.

Kalau kamu 17 ya bilang 17. Kalau kamu 35 ya bilang 35. Deal?^^

3. Status

Kau masih gadis atau sudah janda? Baik katakan saja, jangan malu. . .*nyanyi dangdut*

Gambar diambil dari disiniajatempatnya.com

Nah dengan jiwa sayentis cetar, saya menyimpulkan bahwa menurut meme di atas, ada tiga status yang diemban oleh seorang perempuan. Pertama janda, kedua perawan, ketiga punya orang.

Nah kan katanya janda itu menggoda, perawan menawan, sedangkan bini orang lebih menantang. Intinya ketiga status tersebut punya kelebihan dan keunikan masing-masing kan? Jadi daripada belibet harus bohong dan memakai status tetangga, kenapa tidak jadi apa-adanya kita saja?

Bayangkan saya jika. . .

Kamu adalah seorang bini saudagar yang sering ditinggal dagang, rumah sering kosong dan kamu butuh kenikmatan juga, makanya kamu memutuskan untuk mencari dan mendapatkan seseorang. Nah kamu ngakunya janda ke dia supaya lebih mudah.

Dan suatu ketika dimalam yang dingin berangin, suami kamu pulang mendadak dari perjalanannya. Sedangkan disaat yang sama seseorang nya kamu itu juga sudah OTW.

Kamu bilang ke dia bahwa suami kamu pulang dan dia bingung blank tidak mengerti.

Ternyata dia cinta berat sama kamu dan memutuskan untuk meminta kejelasan malam itu juga dari kamu. Dia datang ke rumah kamu hujan-hujanan. Kan berabe? :p #anotherdrama

4. Tujuan

#Eh bukannya itu visi (tujuan) IPB? Lol

Yang saya maksud dengan tujuan di tulisan ini sih adalah tujuan kamu berkenalan/jalan bareng dia.

Bagus sih kalau kamu yang sebenarnya mendekati bertujuan untuk mengambil ginjal dia secara diam-diam dan mengatakan yang sejujurnya.

Kalau kamu berhasil, berarti dia adalah orang terbodoh di dunia dan sikap jujur kamu itu menyelamatkan kamu dari terjebak dengan dia seumur hidup.

Hanya saja jujur dengan tujuan yang saya maksud di sini le ih kepada tujuan “main-main” dan hanya ingin sebatas hubungan no string attached kah, atau serius dan ingin lebih jauh mencari yang real.

Kejujuran di sini sangat dibutuhkan untuk mencegah adanya rasa sakit hati, drama dan kekecewaan pada kedua belah pihak.

5. Pekerjaan dan penghasilan

Credit on pic

I see. I see. Kamu tidak ingin seseorang mencintai kamu karena apa yang kamu kerjakan dan yang kamu hasilkan. Tapi, bukankah pekerjaan dan penghasilan itu adalah sebagian dari diri kamu?😁

Pokoknya menurut saya tidak sepantasnya kamu berbohong masalah pekerjaan kamu.

Saat kamu CEO perusahaan ternama dan tidak ingin dipandang karena hartamu lalu kamu berbohong dan mengatakan ke gebetanmu bahwa kamu hanya pegawai biasa, ok, fair enough tapi jangan terlalu lama. Kalau sudah terlalu jauh dan dalam hubungan kalian tapi belakangan diketahui bahwa dia alergy pada CEO, ribet bukan?😏

Atau mungkin kamu adalah loper koran yang kebetulan menemukan sebuah tas berisi uang 100 juta? Lalu dengan uang itu kamu bisa jajan di Starbuck dan berkenalan dengan anak milyuner.

Karena suka dia kamu berbohong dan mengatakan kamu adalah “karyawan google” dan berharap seiring dengan berjalannya waktu dia akan terlalu cinta padamu sampai pada titik dimana dia akan menerima kamu apa adanya. Ha! Siap-siap saja terhempas dengan keras.

Taken from Kompasiana

6. Anak

Kemaren di riliv saya sempat membalas salah satu curhatan seorang ibu tentang bagaimana dia harus mengatakan yang sebenarnya pada pacarnya bahwa dia sudah memiliki seorang anak.

Iya. Ceritanya di awal dia pikir hubungan mereka tidak akan berjalan lancar, tapi lama-lama baper juga.

Eh ternyata si doi ada pandangan yang kurang pas saja terhadap para single mother so galau deh si ibu ini.

Nah, kata saya mah dia menggali kuburan sendiri. Seharusnya kan jujur wae dari awal. Dia suka atau enggak ya urusan dia. Tapi kalau sudah baper begini kan ribet! Ujung-ujungnya? Galau lagi! :p

Ngomong-ngomong kamu enggak mau nyobain sepatu si ibu itu kan ya?😇

7. Status keperawanan

Ada cerita yang pernah saya baca dimanaaaa gitu, pokoknya si suami menceraikan istrinya karena si istri ternyata tidak berdarah.

Ha! Dia tidak tahu kalau tidak semua wanita berdarah pas pertama kali?

Lebih Ha! lagi sampai langsung menceraikan cuma gegara masalah keperawanan.

Tapi kembali lagi itu kan prinsip masing-masing orang. Semua orang punya hak untuk memilih istri yang bagaimana. So kita tidak bisa menyalahkan dia sepenuhnya juga sih. Yang lebih salah itu yang tidak jujur dan memilih memberi surprise di malam pengantin.

Ah girls! Cowok yang seketika memutuskan kamu karena tahu kamu enggak perawan juga bukan jenis yang worth kamu perjuangkan kok!

8. Smoke/drink

Entah saya lupa sudah cerita apa belum mengenai gebetan saya yang dari semester tiga lalu, sebelum saya ketemu CM (Crazy Memories Part 2: A Scotsman Called CM)?

Jadi singkat cerita saya itu dekat dengan seorang pria dari Bintaro yang kuliah di Gunadharma Depok.

Nah si dia ini ceritanya ketemu dengan saya di stasiun Bogor untuk pertama kali. Kita makan di RM Padang yang padat sekali sehingga kami harus berada di smoking area.

Di situ dia menanyakan apakah saya merokok dan saya jawab tidak. Lalu kemudian dia tanya apa saya suka cowok perokok, lalu saya bilang lagi tidak. Dan dia bilang juga sama “tidak merokok dan tidak suka cewek perokok”.

Nah kita lebih persingkat lagi ceritanya, setelah semakin akrab dan akrab, kami pun sampai di titik dimana kami bertengkar.

Ternyata gebetan saya ini setipe dengan ARL yang langsung memblokir saya saat kami bertengkar dan saya keras kepala.

But masih setipe saja, dia juga mengunblock dalam kurun waktu under 24 jam.

Pic from Kiss Me Kwik

Kan sebelumnya tadi (sebelum blokir) dia ganti foto profil dengan gambar semacam cowok menunduk dan patah hati gitu. Eh pas dia invite lagi, gambarnya sudah berubah jadi foto dia dan teman-temannya.

Di foto tersebut terlihat bahwa saat itu mereka sedang di sebuah cafe. Semua pada wefie dan gebetan saya yang memegang kamera.

Ok mungkin pembaca sekalian pada garuk-garuk kepala menunggu inti dari point ini, ha ha. . .

Pokoknya mereka yang selfie di situ, yang 2 cewek dan 3 cowok termasuk gebetan saya. Semuanya memegang rokok kecuali gebetan saya.

Saya bertanya “apakah kamu merokok?” karena tidak mungkin dia bisa tidak merokok diantara 4 orang yang merokok. Tapi dia bilang tidak, keukeuh tidak. Sampai suatu titik dia mengakui itu.

Ha! Apakah saya masih sreg sama dia setelah itu? Tidak! Pertama karena saya tidak suka cowok bau tembakau (not that dia/mobilnya bau tembakau), kedua dan paling turn off adalah: “fakta bahwa dia berbohong”.

Melebihi dari fakta bahwa dia merokok, saya benci fakta bahwa dia berbohong tentang dia merokok.

Yah, saya berharap pengalaman saya dan gebetan saya tidak terulang di kalian ya guys. . .^^

9. Hobi dan ketertarikan

Siapa yang pernah bilang “gw suka hiking” padahal rela antri setengah jam di depan lift buat naik ke lantai 7?

Pic from Reddit

Tenang! Kamu nggak sendiri kok, saya juga soalnya. . . Dulu! Ha ha.

Ceritanya waktu itu CM kan suka hiking. Dia tulis itu di profil nya dan diperkuat dengan foto-foto dia yang kebanyakan memang bersama ransel dengan background awan di gunung.

Nah kenapa saya sadar bahwa memalsukan hobi untuk mengikuti hobi si dia itu tidak boleh dilakukan?

Karena saya sudah merasakan seberapa sulitnya berpura-pura menyukai hal yang bukan kesukaanmu.

Ah, kami belum pernah merealisasikan hiking bersama itu sih, tapi latihan sebelum hiking saja saya sudah hampir gila. Lari jumping jack asian squad bla bla bla.

Coba saja sendiri kalau nggak percaya! 😋

10. Hewan peliharaan

Those cuties taken from Odyssey

Mungkin kalian pikir ini tidak penting, but it is penting!

Bayangkan saja jika kamu adalah seorang fanatik cat lovers sedangkan dia adalah si fanatik anti cat.

Selama ini mungkin kalian bisa saling bersama karena kamu berbohong tentang kefanatikan kamu akan kucing. Kamu berpikir “ah nanti dia mungkin akan menyukai kucing kalau dia sudah cinta sama aku”.

Kamu bisa menyembunyikan semua itu sampai kamu mengajak dia ke rumahmu dan tetiba dia berdarah dari segala lubang di tubuhnya.

Usut punya usut ternyata dia alergy bekas/bulu/udara yang ada sangkutannya dengan kucing.

Ha! 😎 Mau ambil resiko berada di dalam situasi seperti skenario drama yang saya buat di atas?

11. Orientasi seksual

Siang Sandra tapi malamnya Sandro. Dan kamu berbohong tentang itu? Wah ibaratkan menyimpan bom waktu kamu sekarang.

Apalagi di Indonesia yang begini sensitif sekali. 😥

Biseksual Index

Susah aih mau jujur juga soalnya orang-orang (kebanyakan) pasti langsung pada berpikiran negatif.

Saya juga tidak tahu bagaimana saya akan bereaksi. Maksudnya saya akan menerima dan mendukung kamu, tapi saya juga tidak yakin bisa berbagi.😢

Tapi, dia berhak tau. Dia tidak berhak dibohongi dan diduakan. Sekalipun kamu jujur dan banyak menerima penolakan, tapi saya yakin akan ada yang menerima. So saya benar-benar merasa kamu perlu jujur.

Dear reader (s) ini setidaknya ada 8 alasan kenapa kamu jangan mendiskriminasikan kaum LGBT.

12. Pernah oplas apa enggak

Pernah baca berita istri di Cina dituntut oleh suaminya karena melahirkan anak yang sangat jelek?

Awalnya si suami yang bernama Jian Feng ini menuntut sang istri karena mengira istrinya selingkuh sehingga melahirkan anak yang sangat jelek (sama sekali tidak mirip Jian Feng ataupun istrinya).

Tapi ternyata itu disebabkan karena dahulu kala istrinya memang jelek dan baru berubah menjadi cantik setelah operasi plastik. 😂 Ha ha ha ha

So sebelum menikah dan melahirkan saya sarankan hai kamu-kamu yang baru cantik setelah operasi plastik, jujurlah!

Enggak mau kan kayak istri Jian Feng ini yang akhirnya membayar denda $120.000?^^

Cantik kan aku biarpun nggak oplas?😆😗

Ha ha ha ha abaikan foto baru bangun tidur seharian itu ya!

Pokoknya like coment dan share kalau kalian merasa tulisan saya masuk akal😄

Vallendri Arnout xoxoxoxoxoxo

Advertisements

8 thoughts on “13 Kebohongan Yang Sebaiknya Dihindari Sejak Kencan Pertama

  1. winona571

    Share aja…. Saya batalin ketemuan sama seseorang karena BERBOHONG di poin no 1. Dan itu something banget. Minggu lalu saya kenalan dengan seseorang. Chat gitu… Saya tidak masalah kalau orang pakai pen name ya. Tapi kalau orangnya minta nomer WA, saya bakal nanya… nama aslimu siapa… Karena saya juga jujur soal ini. Dia ngaku namanya Nico. Cuma entah knp intuisi saya agak ga yakin sama org ini. 2 malam lalu, saya buka Facebook…. Leuven, kota tempat saya belajar itu kota kecil. Jadi ada komunitas di group Facebook yang mana kami sama2 jadi membernya. Tiba – tiba, foto yang sama dengan foto dia nongol di timeline saya.
    Baru saya tahu kalau orang yang ngaku namanya Nico ini aslinya namanya Ahmed Ghazi. Akun Facebook nya 2 biji pula. (Warning kedua….) Dan makin saya stalking akun Facebook dia, ketahuan kalau dia itu sudah beristri, bahkan punya anak di Leuven. Langsung saya konfrontasi! Dia sumpah – sumpah nyangkal. Betul… bohong soal nama ini, juga something… Saya ga mau ketemuan. Bukan karena dia sudah punya anak yaaa…. Itu bukan masalah kalau ngomong dari awal. Toh, cowok pertama saya juga sudah punya anak 2, sudah cerai.. Tapi bahkan Ahmed ini bilang bahwa yang di Facebook bukan anaknya… (berasa ketemu Mario Teguh) 😛 Padahal komentar2 di Facebook dia berkata lain…

    Yang poin no 7. Ketika jujur bilang masih perawan… Orang – orang di sini malah kaget – kaget. Hahaha… Tapi kalau nggak nanya, ya nggak perlu saya sebutin sih. 😀

    Liked by 1 person

    1. Cinca? 😮

      Ah well thanks for share. Ini sekaligus pelajaran, ternyata penting sekali kepo dengan orang yang baru kita kenal.😑

      Aigo.. semoga yang next nggak begitu deh. 😇

      Dan soal virginity, ya iyalah di sana aneh.

      Dan maksud saya dengan ‘jujur’ disini juga kalo misalnya dia nanya. Kalau dia nggak nanya mah aneh lan tetiba “by the way gw virgin lho”.. ha ha apa banget 😋

      Like

      1. winona571

        Errr…. Biasanya mmg aku check di medsos ya. Bahkan yang kmrn si S itu juga kisah lengkap perseteruannya dengan mantan istrinya aku dapat dengan googling. Padahal berita dalam bahasa Polandia. Pakai google translate jadinya. Tapi dia sama sekali ga nutup – nutupin.

        Tapi kalau yang bbrp hari lalu itu, yang bohong soal nama sangat2 kebetulan. Fotonya bisa nongol di timeline ku… ketahuan deh… 😛

        Liked by 1 person

  2. Soal perawan dan ga perawan itu yang masih jadi dilema ya val.
    Kadang aq sndiri aja mikirin “kalo gue ga berdarah di malam pertama gimana? Kalo semua laki-laki berpikiran semua perawan kudu berdarah gimana??”
    Asli loh parno sejak aq tau klo ga semua perawan itu berdarah, dan ga semua cwe sadar klo perawannya ilang akibat aktifitas fisik di masa gadis dulu. Sepedaan bahkan bs bikin perawan ilang.
    Kalooo aja semua laki2 bs kya cwe, menerima kondisi perjaka ato nggaknya si cwo.
    Fiuuhhhh…

    Liked by 1 person

    1. Hi hi hi hi… tenang aja Syer. Walopun nggak bedarah tapi sing penting hilang perawannya dulu nggak pake penetrasi, nggak pernah ada sesuatu yang masuk, tetep kok ada beda nya (menurut yang aku baca ya) ha ha

      Tapi menurut aku bisa di liat aja sih pola pikir dia sesempit itu nggak waktu pacaran? (Masalah dia bakal ngamuk waktu malam pertama)

      Fiuuhhh. . . Ada aja lho Syer cewek yang niatnya cari cowok perjaka. . . Aku lupa pernah baca dimana. . . Itu hanyalah pilihan… *rolling eyes* 😁

      Like

      1. hahahaha, smp sgitunya?!
        klo aq kbanyakan kenal cwo nyaris smua ga perjaka jadi yaudahlah yaaa, ngapain dipusingin juga. masa lalu klo dibahas juga ga ada abisnya. hehehe.
        ya smoga jodoh aq itu org yg open minded, mikirnya ga kudu berdarah dulu. wkwkwk. soalnya aq pernah baca artikel ttg cwe yg ditinggalin cwonya krn ga berdarah, OMG. konyol sih.

        Liked by 1 person

      2. Ha ha makanya! Lagian cowok nggak bisa keperiksa juga.

        Dan Amin Amin Amin….. itu bener-bener konyol emang. Tapi nggak jarang terjadi. For God’s sake ini akhir 2016 siah! But kalo nggak terjadi kek gitu, gimana aku bisa ada ide buat bikin artikel tentang itu nantinya? Ha ha #gapenting

        Like

What you think guys?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s