Defenisi, Fungsi, dan Cara Membuat Plasma (Fisika Inti)

Di alam semesta ini, ada berapa wujud zat yang telah ditemukan dan diakui? Sebutkan!

πŸ€” biasanya sih orang-orang akan langsung straight menjawab “3. Padat, cair, dan gas.”

Emmm okay. . . Tidak sepenuhnya salah. Secara umum memang itu yang lumrah diketahui orang. Tapi seorang scientist akan menjawab sedikit berbeda, dia akan menjawab “4. Padat, cair, gas, dan plasma.”

Iya! Seorang scientist khususnya Fisikawan akan menambahkan plasma di dalam daftar.

Apaan tuh plasma?πŸ™„

Er,,, sesuatu yang bulat -kadang heartshape juga-, bertangkai, warnanya mostly ceria, pernah jadi ikon foto nya Cherybelle, berhamburan waktu vallentine, . . . . STOP! Salah! Itu lolipop Ncez. . . #garing

Ok simpelnya, plasma adalah gas yang sudah terionisai alias terpisah dari elektron-elektron nya. . .

Readers: Wuidih. . . Keren tuh. . .

Vallendri: Biasa aja keleus. Sesungguhnya semesta ini 99 persen terdiri atas plasma. Kitanya doang yang nggak tau.

Readers: Seriously?

Kata Prof Djamil sih begitu. Denger-denger sih beliau juga taunya dari para Prof terdahulu. Au cih kalo mereka semua bohong berjamaah.#ampunProf

Secara rinci, plasma terbagi menjadi dua.

Pertama plasma dingin yang berbentuk seperti gas, contohnya cahaya nan cantik yang sering menghiasi kutub alias aurora. Kedua plasma panas yang berbentuk seperti cairan, contohnya cairan inti matahari dan bintang-bintang. . .#brrrr

Lalu ada lagi yang bete dan bertanya “Siapasih yang iseng-iseng nambah hapalan pakek sok nemuin plasma dan bikin wujud zat jadi empat?”

Beliau adalah Sir Willian Crookers asal Inggris.

Sebenernya sih Mr Crookers yang duluan nemuin, cuman penelitian yang lebih afdol baru dilakuin oleh ilmuan Amerika, Dr. Irving Lagmir (Rusia sekali namanya😢) pada tahun 1927, 48 tahun sejak Mr Crookers.

Asem! Ada lagi yang udah sesiap dengan “Terus kenapa kalo ada zat lain namanya plasma. Buat apa? Pentingnya apa? Jangan bilang beneran buat iseng nambah hafalan doang! Argh. . .”

*rolling eyes* Relax! Time is money, even for me. . . Saya membahas ini karena ternyata plasma ini memang penting sekali. .

“Untuk? Jangan bilang supaya lebih mudah menghitung kecepatan jatohnya buah mangga yang udah mateng!”

*memincingkan mata* Dont say that! Kalo dulu nggak ada yang iseng ngitungin kecepatan jatoh buah mangga yang kamu ledekin itu, kamu nggak bakal bisa nikmatin indahnya banyak teknologi maju. . . #kokjadinyinyir

Anyway ha ha ha ha pokoknya ternyata plasma itu punya buaaaaaanyak kegunaan. Mulai dari untuk solusi krisis energi, sampai dengan solusi untuk kegalauan. #lahyo. . .

  • Sumber energi masa depan

Beberapa waktu lalu saya ada membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa minyak bumi akan habis=habis sekitar tahun 2050.

Really? IDK but thats what Ive been readed. Tapi krisis bahan bakan memang sudah bukan isu baru lagi kan?

So jika pengen terus terang terang terus ala Philips, bumi memerlukan energi terbarukan.

Nah salah satu energi terbarukan yang super cool adalah plasma.

Sayangnya sampai saat ini para ilmuan masih belum menemukan cara tepat untuk menangani dan memanfaatkan si plasma ini.

Mereka sedang terus mengkaji tentangnya khususnya untuk wadah penampungan.

Sejauh ini sih masih belum ada yang benar-benar bekerja, tapi ada satu buah reaktor yang memiliki harapan terbesar. ITER Tokamak. Seluruh ilmuan bergabung menjadi satu untuk memikirkan inovasi ini. Doakan saja ya😊

Pic from twitter
  • Di bidang manufaktur

Tak hanya dibidang energi, rupanya plasma juga kartu as dibidang manufaktur.

Mulai dari bahan pembuatan plastik, pelapis mesin kendaraan supaya nggak cepat panas, pelapis atap agar tidak cepat rusak, dll bahkan sebagai penyaring knalpot kendaraan agar tidak terlalu berbahaya.

#jempolbuatplasma

  • Di bidang kesehatan

Bidang kesehatan juga tidak mau ketinggalan. Mereka juga menggunakan plasma (tepatnya plasma dingin) untuk kegiatan mereka.

Contohnya pada alat buat sterilisasi luka via plasma. Konon katanya, sekali libas sama si plasma, seluruh bakteri dan mikroba ngacrit nggak bakal bisa balik kalo seminggu dua minggu mah.

Pic from DW

Makanya belakangan kalo buat sterilisasi luka menganga semacam luka diabetes yang begitu-begitu, orang-orang lebih memilih pakai plasma.

Konsepnya sih simpel, sama dengan sterilisasi pada buah-buahan, intinya si luka disinari plasma dingin, lalu si plasma tanpa digaji akan merusak jaringan-jaringan mikroba/virus/impurity apapun yang ada di luka. Hasilnya ya cuman ada luka steril nantinya.

  • Di bidang pertahanan nasional

Dengan latihan dan kesabaran yang tinggi, plasma bisa digunakan untuk melindungi negara atau bahkan dunia seperti yang dilakukan Sasuke dan Sun Goku.

Tahu nggak sih bahwa Cakra dan Jurus Kamehameha itu pada dasarnya menggunakan energi plasma?

Via Deviant Art

Saya sebenarnya tidak keberatan menjelaskan cara kerja si jurus, hanya saja Keepo udah menyediakan dengan cukup bagus. So, kata saya kalo penasaran ya langsung ke sana aja.

  • Pembasmi galau

Nah seakan sebelumnya dia masih kurang multifungsi, plasma kemudian merambah ke dunia pergalauan.

Lha gimana cerita?

Well, agak jauh sih jalurnya, but inilah kronologi bagaimana saya bisa menyimpulkan bahwa plasma juga berguna bagi dunia pergalauan:

Kan ceritanya kalo galau teh pemikiran seseorang tuh jadi aneh dan nggak selogis biasanya kan ya. . . Sampai-sampai tidak sedikit lho orang galau yang mempercayai fortune teller.

Entah itu untuk melihat masa depan nya dia, entah itu untuk mengguna-guna si mantan, entah itu untuk komunikasi batin sama si mantan (niatnya) banyak lah alesan yang bisa jadi membawa seseorang yang galau ke fortune teller.

Nah, kalau di Eropa Amerika, negara-negara maju sono, fortune teller mainnya bukan menyan dan api dalam guci lagi Ncez, tapi bola kristal bercahaya itu. . .

Pinterest

Konon cahaya cantik hasil ionisasi plasma itu menyimpan banyak cerita menurut para fortune teller.πŸ˜‚

  • Dll

Masih banyak lagi guys. . . Dan kalau misalnya saya harus menjelaskan seluruh detil satu demi satu kegunaan zat plasma, kurang waktu kurang tempatnya. . . Bisa membentuk sebuah buku lhoπŸ˜„

Makanya sekarang kalo masih kepo pengen tahu lebih banyak, silakan cari refernai lain. #belumtentujugatertarik

Saya di sini akan langsung ke cara pembuatan plasma saja ya. . .

Simpel saja sih sebenarnya. . . Pokoknya yang kamu lakukan untuk membuat sebuah plasma hanya mengusik sebuah bahan atau nuklida tertentu sampai si bahan atau nuklida tersebut terionisasi.

Cara mengusiknya sih bisa dengan memberi energi panas, listrik, maupun cahaya.

Contoh yang paling simpel adalah menggunakan energi panas:

Bahan apapun (padatan) 》》》 panaskan menjadi cairan 》》》 panaskan menjadi gas》》》 panaskan menjadi plasma.

Well, let me know your thought on the comment session down bellowπŸ˜‰

Btw Bang Ahdan, Kez, cocok nggak kalo Vallen nulis pelajaran? Apa terlalu aneh?😁

Advertisements

15 thoughts on “Defenisi, Fungsi, dan Cara Membuat Plasma (Fisika Inti)

  1. Eh ada tulisan seperti ini juga di sini wkwk…
    Ini fisika yang jauh dari bayangan aku sewaktu SMA. Tentang plasma, semoga kelak bisa terwujud sebagai energi terbarukan ramah lingkungan. Ngeri juga bayangin minyak bumi udah habis

    Liked by 1 person

    1. Ha ha ha ha bisa apa aja Cin. . .

      Kan semua bahan pastinya mengandung hidrogen kan nantinya. . .

      Biasanya sih orang bikin plasma dari isotop hidrogen hang Deutrium atau Tritium. Hi hi

      Kalo jadi plasma biasanya memijar gitu sih ciri utamanya. . . Suhu intinya bisa mencapai 100.000 derajat celcius.

      Tapi plasma cepet bereaksi dan hilang oleh udara bebas Cin. Makanya tokamak susah bikinnya gegara ya itu tadi ngurung plasma dan mempertahankan energinya susah.

      Tapi kalo plasma yang sering kelihatan, ada lampu neon. Nah neon itu plasma lho😊

      Liked by 1 person

      1. brrt intnya ga bs bkin sndiri dunk! 😞
        gmn bkin suhu jd 100.000 derajat celcius?…ah kali-kali emang harus ke Norwegia buat lihat aurora ciptaan Yang Maha Sempurna hehe.
        Kl neon biasa lihat tp lbh mantabs lihat aurora 😍😍😍

        Liked by 1 person

What you think guys?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s