Makanan Non Halal Di Bogor; Sate Babi Saus Lengkuas

Bogor, , ,

Kota yang hampir setiap hari hujan sekaligus panas meng-gerah-kan. Kota yang mudah dan murah transportasi nya berkat memiliki sejuta angkot. Kota yang menjadi rumah bagi sebuah kampus ternama IPB a.k.a Institut Pertanian Bogor atau juga sering dipleseti Institut Pesantren Bogor. Kota yang juga disebut Kota Beriman ini juga sekaligus menyandang gelar kota kuliner.

Readers: Kalau kota kuliner berarti banyak makanannya dong?

Vallendri: Ya iya! Masak banyak pabrik kertas? *rolling eyes*

Readers:  Ah kalo gitu tahun baru ke Bogor ah. Banyak banget makanan yang pengen ku makan tapi ngendap di list gegara aku tinggal dusun yang jarang ada penjual makanannya.  Aku teh pengen banget makan babi guling, rica anjing super pedas, sup kulit kelelawar, daaaaan banyak lagi.

*Mulut readers Muslim mulai melebar, dan Vallendri menggaruk kepala sambil mikir “Ini orang pengennya nggak ngira-ngira juga ya?”*

But then begitulah list makanan kamu saat kamu non Muslim dan diperbolehkan memakan apa saja. *nyengir lebar*

Oke mungkin saya belum bisa memenuhi keinginan list kamu secara tepat. I mean I have no idea where you can get babi guling, rica anjing super pedas, maupun sup kulit kelelawar di Bogor. Tapi aku tahu satu makanan yang bisa menawar perut kamu sebelum dia bertemu dengan makanan dewa yang ada di list nya.

Makanan ini terbuat dari bahan non halal juga, tepatnya babi, hanya saja alih-alih di bakar bulat-bulat, babi yang ini di potong kecil dulu dan dijadikan sate.

20160916_121106
Abang tukang sate yang malu-malu meong pas difoto

Nah pemirsa penggemar makanan non halal sekalian, sate babi yang berada di Gang Aut jalan Suryakancana Bogor dan persis di depan Ngohiang Gang Aut ini memang di jual hanya di gerobak yang (maaf) begitu. But jangan berani ragukan kulaitas daging dan rasanya lho ya!

Gitu-gitu juga “rasanya nendang!” kalau saya berani pinjam kalimat promosi nya mie s*daap.

Sate yang tidak hanya menyajikan daging, namun juga kulit dan jeroan ini lebih nikmat dan spesial lagi karena disajikan dengan sambal lengkuas khas sate babi Gang Aut.

IDK guys, di sana itu untuk pertama kalinya saya menemukan sate dengan sambal lengkuas. Biasanya (di daerah saya) ya pakai sambal kacang atau sambal kecap doang sekali pun sate babi juga.

20160916_114422
Satu porsi sate babi Gang Aut Bogor

Itu yang item-item sampingnya itu sambal lengkuas nya ya. . . he he nikmat banget guys, sumpah. Cici-Cici yang sebelahan sama saya pas makan itu sampe minta tambah dua kali. (Pa saya pikir-pikir lagi sekarang, jadi muncul pertanyaan; “Dia nggak masukin kresek dan bawa pulang kan ya?” #ampunCici)^^

Tapi sumpah guys bukan dialaykan atau dioverkan ini ya, sambel yang terbuat dari lengkuas halus yang di tumis dan nantinya di aduk sama kecap dan potongan cabecabean ini emang maknyus dan sempat menggoda saya untuk beli sedikit dan dibawa pulang buat sambel makan warteg.

Untuk harga sendiri, makanan yang termasuk langka ini bisa kita sebut murah banget. Iya, murah pake banget soalnya dengan Rp.30.000 (terakhir 27 Desember 2016 kemaren masih segitu) sudah bisa mendapat satu porsi. Udah lengkap sepuluh tusuk sate (terserah milih yang mana aja) dan juga acar dan sambal lengkuas yang boleh nambah.

Oh iya, pada bingung mau makan di mana ya soalnya gerobak dan nggak ada satu kursi pun yang nampak di sekitar.

Hampir lupa ngasitau kalo sebenernya kalian nggak usah khawatir masalah itu. Soalnya si pemilik usaha sate agaknya sudah memiliki semacam ikatan dengan salah satu rumah makan yang ada di dekat sana, sehingga para pembeli sate yang pengen langsung makan, bisa makan di rumah makan itu.

20160916_121123
Tempat sate babi Gang Aut Bogor di ambil dari jauh

Itu yang ada kelihatan gerobak kecil di ujung sana itu gerobak sate babi yang ada di foto (1). Yang ada payung nya itu gerobak jualan ketoprak kalo nggak salah. Terus yang deket jualan ketoprak dan deket motor itu gerobak si pemilik rumah makan.

Nah di rumah makan itu sebenernya jual makanan non halal juga seperti nasi campur babi dan soto mie babi, tapi ya di sini saya hanya akan bahas sate doang sesuai judul :”D

Kalian juga kalau misalnya suka makan pakai nasi kudu beli nasi di rumah makan itu. Minumnya juga dari situ. Er, bayarnya juga di kasir rumah makan itu juga sih sebenernya. . .

Nah, setelah membahas rasa dan juga tempat makannya selesai, tibalah saatnya kita berlari pada urusan cara menemukan dan mencapai tempat makan tersebut.

Untuk urusan ini mari kita sepakati dulu satu titik utama alias titik berangkatnya ya. . . soalnya kalau harus menjelaskan dari berbagai arah dan tempat, takutnya saya juga tidak begitu mengerti. Hi hi

Bagaimana dengan stasiun Bogor? Apakah semuanya setuju jika saya membuat stasiun Bogor sebagai titik awal? Baiklah saya anggap semuanya setuju!

Jika naik angkot:

Satu-satunya angkot yang bisa kamu gunakan untuk mencapai gang aut Bogor dari stasiun adalah angkot 02. Tapi 02 juga ditanya dulu, entah dia lewat Jalan Suryakancana, atau tidak. Soalnya ada saja yang langsung belok lewat depan BTM itu dan balik ke Laladon lagi.

Jadi intinya yang harus kamu tunggu adalah angkot hijau tulisan 02. Dan sama supirnya tanya dulu “Lewat Suryakancana Gang Aut nggak Bang?” gitu…

Naik mobil pribadi/grab car:

Kalo setau saya sih satu-satunya pilihan ya ikutin rute angkot 02. Muter dulu keliling kebun raya baru nanti masuk lewat gerbang Suryakancana dan berenti di Gang Aut.

Parkir mah aman bisa sepanjang jalan di sekitar tempat makan disana. Ada tukang jagainnya juga jadi nggak usah khawatir.

Jika naik gojek/grab bike:

Kalo naik motor begini sih bisa ada dua pilihan.

  1. Bisa ngikutin rute angkot sama seperti yang dilakukan oleh grab car dan mobil pribadi. (legal dan rekomendasi)
  2. Bisa nerobos lewat jalan Paledang dan nantinya keluar MCD terus ambil kanan lewat depan-depan hotel (jangan jalan raya) terus nanti sampe ke depan BTM ambil lajur  kanan ngelawan arus lagi pelan-pelan lurus sampe ketemu gerbang suryakancana. (ilegal dan bukan rekomendasi, kalo ketabrak, diomelin, ataupun ditangkap polisi jangan cari saya)

Nah itu dia guys saya rasa setelah sekian banyak yang saya tulis, kalian sekarang pasti sudah bisa menemukan makanan dewa tersebut.

Kalau sudah kesana dan pengen bikin anak-anak lain dan saya ngiri, ambil selfie bersama makanan, upload instagram, tag saya @pursuingmybule123 ya :”D

PS: Inget badan!

PSS: Bareng bir kotjok yang di depan itu enak banget lho^^

 

Advertisements

10 thoughts on “Makanan Non Halal Di Bogor; Sate Babi Saus Lengkuas

    1. Ada Mas Dikdik04. . . Sebenernya juga bukan cuman di situ doang tapi aku taunya disitu. . . He he *aku malah gatau ketoprak pak japar atau soti mie batu tulis. . .

      Dan yeah komen pertama and still “the only ine” di 2017 *kedip

      Like

What you think guys?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s