9 Presiden (Dari Berbagai Negara) Yang Tewas Tertembak

biography.com

Beberapa tahun yang lalu, sewaktu SBY mengunjungi IPB, saya dan sahabat saya Ela nongkring di pinggir jalan untuk melihat dan menyambut bapak idola kami (DULU) tersebut.

Tidak perlu bersalaman ataupun berfoto bersama seperti keinginan kebanyakan orang, saya dan Ela hanya mengharapkan sebuah pmandangan.

Iya. . . pemandangan beliau tampak punggung juga tidak masalah.

Tapi jangankan nampak punggung, , , penampakan mobil nya saja kami nggak ngeliat.

Semua mobil yang lewat itu full gelap dan yeah. . . hitam semua. . . nggak bakal keliatan apa-apa. .

Temen saya lalu bilang “Kenapa sih musti segini banget. Dulu pas kampanye sok pamer muka. Sekarang malah sembunyi nggak mau diliatin sama siapa-siapa.”

Awalnya dulu saya juga berpikir begitu. . . “Kok gitu sih… bla bla bla” Tapi setelah melakukan pencarian untuk artikel ini, saya jadi mengerti alasannya.

Presiden itu adalah satu dari beberapa lambang negara. Presiden itu salah satu simbol kedaulatan yang sudah dipilih langsung oleh rakyat dan pemilihan itu sendiri memakan biaya yang tidak sedikit. Presiden itu wajib dilindungi dengan sangat hati-hati karena bisa jadi tidak sedikit yang menginginkan nyawanya.

Ini dia sembilan presiden yang tak berhasil dilindungi sampai-sampai tewas tertembak:

1. Abraham Lincoln

Lincoln adalah salah satu presiden tersukses dalam sejarah AS. Dengan Proklamasi Emansipasi nya beliau berhasil membawa AS keluar dari perang saudara (AS Selatan yang pro perbudakan vs AS Utara yang contra perbudakan), mempertahankan persatuan, dan menghapus perbudakan.

Namun rupanya tidak semua suka dengan kesuksesan itu. Pada 14 April 1965, presiden ke-16 AS ini tewas ditembak saat beliau sedang menonton pertunjukan drama di Teater Ford, Washington DC.

Si penembak John Wilker Booth merupakan salah satu aktor pendukung (ternyata salah satu bagian dari kubu Selatan) di drama yang sedang beliau tonton.

Hantaman timah tepat di belakang kepala itu menutup cerita Sang Presiden di usia yang ke 56.

2. James Abram Garfield

history.com

James Abram Garfield. . . Beliau adalah presiden yang ke-20 sekaligus presiden AS ke-2 yang tewas ditembak.

Presiden yang berniat meluncurkan program pembangunan besar-besaran di AS ini hanya sempat menjabat selama empat bulan.

Pada 2 Juli 1881, Garfield tumbang dihantam oleh dua buah peluru Charles J. Guiteau di stasiun Baltimore & Potomac, Washington DC. Sebetulnya sih sempet di rawat. Tapi gegara infeksi dan komplikasi, 11 minggu dari hari H, beliau akhirnya wafat.

3. William McKinley

warren country historical society

Memasuki abad ke 19,  AS kembali diguncang oleh terbunuhnya Presiden mereka yang ke-25, William McKinley Jr.

Pada 6 September 1901, seorang anarkis bernama Leon Czolgosz Frank menembak McKinley ketika beliau tengah menghadiri Pameran Pan-American di Buffalo, New York.

Sebenarnya beliau sempat mendapat pertolongan. Namun malang, delapan hari kemudian kabar kematian pun disiarkan.

4. John Fitzgerald Kennedy

Ketika tengah berada dalam konvoi kendaraan terbuka di Dallas, Texas, pada 22 November 1963, sebuah peluru yang ditembakan dari jarak jauh mengenai bagian tenggorokan, punggung atas, dan kepala Mister Kennedy sehingga beliau tewas seketika.

Lee Harvey Oswald telah dijadikan sebagai pelaku penembakan. Namun hingga saat ini, banyak orang yang meragukan dan mengatakan bahwa pembunuhan itu bukan hanya sebatas oleh Lee. Itu adalah konspirasi lebih besar.

Dan begitulah pembunuhan ke-4 (semoga jadi yang terakhir) yang terjadi pada Presiden AS ini menjadi pembunuhan paling terkenal dan misterius sepanjang sejarah.

5. Mahatma Gandhi

News East West

Siapa sangka jika Bapak Pembebasan India ini ternyata tewas terbunuh. . .

I mean, siapa yang tega membunuh orang yang bahkan tidak bisa membunuh semut sebaih Gandhi?

Ada. . . Pembunuh berdarah dingin itu bernama Nathuram Godse. Ia menembak Gandhi dengan pistol sebanayak tiga kali saat beliau sedang berdoa di halaman Birla House, New Delhi.

Cerita awalnya kan India itu termasuk jajahan Inggris. . . .

Seperti negara terjajah lainnya, India teerus-menerus meminta pembebasan, tapi Inggris juga teeerus-menerus menunda, sampai suatu ketika Inggris terdesak akibat PD II.

Inggris memberi pembebasan pada India, , , tapi Inggris juga iseng-iseng menerapkan politik pecah belah dengan membagi India menjadi dua; 1. India (Hindu) 2. Pakistan (Muslim)

Nah Gandhi ini adalah satu dari beberapa orang yang cerdas dan mengerti bahwa perpecahan itu adalah buruk. Tapi masalahnya, ternyata tidak semua orang setuju dengan beliau, khususnya yang Hindu garis keras.

Dan salah satu pemuda Hindu garis keras inilah yang akhirnya merebut nyawa pria bernama lengkap Mohandas Karamchand Gandhi ini.

6. Amilcar Cabral

Pria yang meraih gelar sarjana pertanian dari Universitas Lisbon ini adalah salah satu tokoh yang dikenal sebagai bapak kemerdekaan Guinea Bissau.

Ia seorang pemberani yang membentuk Gerakan Pembebasan Rakyat Angola (MPLA) dan juga mendirikan Partai Afrika untuk Kemerdekaan Guinea-Bissau dan Kepulauan Cape Verder (PAIGC).

Cabral sendiri yang memimpin perjuangan bersenjata gerilyawan PAIGC melawan kolonialisme Portugispada tahun 1956.

Dan pada 20 Januari 1973, saat Cabral sudah berhasil membentuk Majelis Rakyat sebagai persiapan untuk kemerdekaan penuh dan bersiap menuju Kongres Nasional untuk mengesahkan UU dan deklarasi kemerdekaan, seorang agen Portugis menembaknya hingga mati.

7. Juan José Torres

el portal de Bolivia

Beliau adalah presiden Bolivia yang ke-61, tapi beliau adalah presiden Bolivia pertama yang berasal dari keluarga miskin.

Kekuatan Torres berasal dari perjuangannya di militer sebagai tangan kanan dari militer reformis, Alfredo Ovando yang kerap melancarkan kudeta. Lebir keras dari Avando, Torres berharap Ovando melakukan reformasi lebih luas dan meninggalkan militer konservatif. Jejak keras dan tegas inilah yang kemudian membawa Torres ke kursi pemimpin setelah Alvando memutuskan untuk pensiun.

Kemudian masih dengan tegas dan keras, Torres mengambil sejumlah langkah revolusioner, seperti nasionalisasi sejumlah aset perusahaan AS dan mengusir Peace Corps (bentukan AS) keluar dari Bolivia, mendekatkan Bolivia dengan Uni Soviet, dan juga memangkas belanja militer untuk membiayai pendidikan.

Hal itu sepertinya tidak terlalu disukai oleh militer sayap kanan yang dipimpin oleh Kolonel Hugo Banzer. Pada tahun 1976 militer sayap kanan pun melakukan kudeta besar-besaran yang kemudian memojokkan Torres.

Beliau kemudian diungsikan ke Buenos Aires, Argentina yang juga menjadi tempat kematiannya. Yeah, maklum, di tahun itu militer Argentina di bawah Jorge Videla juga sedang melancarkan kudeta ke pemerintah.

Beliau tewas ditembak oleh salah satu penembak jitu suruhan Videla.

8. Indira Gandhi

the Indian express

3 Oktober 1984, satu lagi orang nomer satu India dan bernama belakang Gandhi, tewas terbunuh.

Sang perdana mentri yang sudah menjabat selama dua priode tersebut ditembak oleh dua orang pengawalnya saat sedang berjalan menuju kantor dari tempat kediamannya di Ibu Kota India, New Delhi.

Pembunuhan itu dipicu oleh salah satu ebihajak Gandhi yang meluncurkan sebuah operasi yang diberi nama “Operasi Bintang Biru”. Operasi itu adalah operasi penyerbuan Kuil Emas, sebuah kuil bagi penganut aliran Sikh, di Punjab.

9. Park Chung Hee

ABC News

KPOP-ers. . . Tahu presiden Korea Selatan itu siapa nggak? Uuuu tau ya. . .^^

Iya bener. . . Beliau adalah Park Geun Hye. . . Tapi tau nggak kalo bokap Park Geun Hye sebelumnya adalah presiden Korea Selatan yang tewas tertembak?

Ya, ayah Park Geun Hye adalah Park Chung Hee. Presiden yang berjasa dalam memodernisasi Korea Selatan melalui industrialisasi yang berorientasi pada ekspor sekaligus membina hubungan baik dengan AS ini tewas tertembak pada 26 Oktober 1979.

Waktu itu Chung Hee sedang mengadakan makan malam untuk berusaha meredakan ketegangan di antara kepala intelijen Jea Kyu dengan kepala keamanan presiden Cha Chi Cul.

Alih-alih damai, keduanya terlibat perselisihan yang lebih sengit. Dan saat beliau mencoba menengahi, Jea-kyu tidak sengaja menembak kepala Chung-hee.

Itu dia guys info dan sekilas tentang sembilan presiden yang tewas tertembak yang berhasil saya himpun.

Please follow, like, dan share ya. . . *wink wink*

Advertisements

2 thoughts on “9 Presiden (Dari Berbagai Negara) Yang Tewas Tertembak

  1. winona571

    Bagus artikelnya… 🙂

    Seharusnya ditambah Presiden Mesir… Anwar Sadat. Ditembak juga tuh…
    Sedangkan pembunuhan Indira Gandhi menyebabkan orang – orang Sikh di wilayah Delhi dijagal sebagai pembalasan.

    Liked by 1 person

    1. Makasih Kez. . . ^^

      Itu aku emang hampir nambah Sadat, cuman gegara dari berbagai literatur aku nggak mendapat kejelasan kalo beliau ditembak. Pokoknya yang aku baca tuh ‘dikeroyok anak buahnya sendiri’ gitu doang. . .

      Oke. . . Saran mu minta izin aku tambah ke artikel nya ya nanti ya. . . He he he he

      Like

What you think guys?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s