Chit-Chat Tentang Gathering Blogger Crony Yang Super Ketche

Hayooo, Vallendri yang mana hayoo๐Ÿ˜‚

Guys guys guys. . . . Reader (s) sekalian. . . . Kalian masih inget sama saya nggak ya?

I know, belakangan emang nggak ada lagi update-update dari saya baik di blog ini maupun di UC.

Kenapa? Sibuk sih iya, belakangan saya baru ngurusin tugas akhir dan its kind of, well, mendominasi waktu. Tapi itu bukan alasan utamanya. Saya masih bisa kencan, saya masih bisa jalan-jalan, saya masih bisa ikut gathering blogger, dan tentu saja โ€˜seharusnyaโ€™ saya masih bisa menulis untuk kalian.

So, yeah, sibuk bukanlah alasan. Yang paling pas dan jujur adalah, SAYA TERSERANG WB aka WRITTER BLOCK.

Yeh I know, I know yang saya bicarakan di blog ini sama sekali bukan jenis tulisan yang musti dipikirin gila, susah dibikin, dan butuh research segala macem, tapi tetap saja, saat WB menyerang, bahkan tulisan sehari-hari yang kacau seperti ini saja saya tidak bisa membuatnya. Pokoknya kek lagi nggak ada beat aja di hati teh. Kek, kek nggak dapet feel yang dulu selalu ada pas nulis.

Apakah saya sudah mendapatkan feel dan beat itu sekarang sehingga saya menuliskan ini? Idk, dibilang sudah sih nggak juga, tapi saya berusaha untuk memancingnya kembali.

Gathering blogger crony dan email-email yang para readers kirimkan ke saya lah yang sangat menyemangati.

Reader: Val, Val, Val izin sela bentar deh! Ini kapan cerita tentang gathering bloggernya sih? Penasaran banget tapi Vallendri terus-terusan curhat masalah pribadi-_-

Vallendri: Oh my God saya over lagi dalam memberikan pengantar. Afwan afwan. Yuk kita langsung aja kalo gitu^^

Aduh, kok jadi blank?——————– Nih kan. . . .——————- Nih yang saya bilang sebelumnya. Blank. Jari saya nggak otomatis ngetik kayak biasa.

Oke mari kita mulai dari cerita gimana saya bisa join gathering itu dulu deh.

Sama seperti cerita gimana saya bisa ikut icip-icip strudel ini kemarin, saya bisa ikut gathering blogger cronny juga thanks to blogger Bogor alias blogor.

Komunitas blogger yang bannernya dengan bangga saya pasang di sisi kanan blog ini adalah pintu masuk saya untuk ikut gathering itu.

Sebenernya sih iseng dengan niat โ€˜mengisi waktuโ€™.

Reader: Mengisi waktu? Bukannya itu akhir pekan? Bukannya akhir pekan itu always for ARL?

Vallendri: Ehm, kebetulan waktu itu kami lagi. . . . put put.

Reader: What? Lagi? Really?

Vallendri: *rolling eyes* Begitulah. But believe me, nothing serious, dia block saya waktu itu tapi dua hari berikutnya sudah menghubungi dan unblock lagi. Ingat bahwa cinta kami seperti air, kan? #tsah

Intinya kebetulan minggu itu kami lagi bermasalah dan ada kemungkinan weekend saya pun tidak terpakai untuk apapun, jadilah saya langsung mendaftar saat ada ajakan gathering.

By the way masalah saya dan ARL, jangan khawatir ya, kami udah baikan dan sebelum ikut gathering itu saya udah ketemu sama dia pas dia abis pulang kerja Jumat.

Reader: Fokus pada topik Val, fokus pada topik!

Vallendri: Iya iya sorry. Believe me, Im trying. *meringis*

Intinya udah pada tau kan kalau saya bisa tau gathering itu dari blogor. Nah sekarang pertanyaannya adalah bagaimana gatheringnya secara garis besar?

Sebelum jauh bercerita, saya ingin mengatakan bahwa gathering itu adalah gathering yang seru, menguntungkan, menginspirasi, dan sekaligus membuat frustrasi.

Seru tentu saja bisa terukur dari seberapa banyak intensitas tawa yang saya hamburkan selama disana.

Menguntungkan karena tidak hanya mendapatkan pengetahuan dan kenalan baru, gathering blogger crony bersama SoMan ini juga memberikan buah tangan berupa satu botol SoMan yang diberikan secara cuma-cuma.

Menginspirasi saya karena ternyata yang ikut gathering itu mayoritas adalah ibu-ibu. Iya, ibu-ibu yang saya maksud adalah wanita-wanita yang sudah menikah dan punya anak dsb.

Salah satu alasan mengapa saya agak takut untuk menikah adalah kenyataan bahwa โ€˜bisa jadiโ€™ saya tidak bisa melakukan apa-apa setelah menikah. โ€˜Bisa jadiโ€™ saya musti berhenti melakukan hal-hal yang saya suka (salah satunya menulis) entah karena sudah tidak ada waktu lagi, maupun karena tidak pantas sok ketche dengan status saya yang baru itu.

Wanita-wanita yang datang ke blogger crony gathering itu meyakinkan saya bahwa semua yang saya pikirkan adalah pemikiran yang tidak beralasan.

Mereka rerata berusia diatas 35 dan memiliki setidaknya satu anak balita. But you know what, mereka aktif menulis, mereka aktif bermedsos ria, mereka aktif melakukan yang mereka suka.

Kemudian terakhir membuat frustrasi karena disana ada tes kesehatan yang mana didalamnya aja cek berat badan dan peninjauan atas itu.

Cek kesehatan saya yang lainnya sih fine, saya puji Tuhan termasuk dalam golongan wanita bugar. Tapi, tapi, tapi menurut BMI, saya overweight. Frustrasi kan. . .-_-

Reader (s): Secara garis besar kan begitu, terus, terus detail nya Val (?)

Vallendri: Sabar napa, ini juga mau diceritain kok! Lama nggak ketemu kok kalian jadi songong sih? Wkwkwkwkwk *peace*

Sekalipun kegiatan registrasinya jam 12.00-13.00, Lutfhi, tebengan saya mengatakan akan menjemput jam 12.30.

Dalem hati sebenernya panik dong. Ini sempet registrasi nggak ya? Ini telat nggak ya? Belum macetnya, belum nyasarnya, belum bla bla bla nya. Pokoknya dalem hati Vallendri teh, menggilaaaaaa ajah.

But you know what, sekali lagi pemikiran dan kecemasan Vallendri pun tidak beralasan.

Lutfhi mengajak berangkat 12.30 dan berjanji sampe sebelum 13.00 rupanya karena dia sudah terlatih dan pede nyelap-nyelip badai diantara kemacetan. What I mean with nyelap-nyelip badai is really nyelap-nyelip kayak badai sampe-sampe saya sering hampir copot jantung.

Kemudian selain jago nyelap-nyelip, dia juga dibekali dengan otak google maps yang mumpuni. Iya, dia udah berhasil menyalin google maps di otaknya sehingga kami di perjalanan tidak perlu sambil mengecek handphone sepanjang jalan. Well, ada sih sekali, tapi sekali doang pas ngeyakinin jalan masuk nya.

Sebelum jam 13.00, Vallendri Arnout dan Lutfhi sudah โ€˜tengโ€™ mendapatkan clutch dan pin cantik sebagai bukti sudah registrasi.

Cantiik kaaaaaaan? Ijo kayak warna kesukaan saya pula!!! *claps*

Yang sudah registrasi langsung disuruh untuk makan siang. Konsepnya buffet (cailah buffet :p) dengan menu ayam goreng, sayur asem, tahu goreng, lalap, dan sambel.

Sorry lupa ambil gambar untuk makanan pertamanya. Lagi buru-buru buat ke pembukaan sih, jadi lupa bahwa nanti pas posting butuh gambar. *nyengir*

Anyway pokoknya makan siang itu ekstra cepet, dalam waktu kurang dari sepuluh menit, saya dan Lutfhi sudah berada di halaman.

Nah kebetulan kan jam segitu jam nya sholat (ashar, I guess), jadi acara pembukaan agak sedikit ngaret, dan, yeah, , , kita yang nggak (ataupun udah) sholat jadi berkesempatan untuk berfoto-foto ria dulu.

Nih foto-foto saya. . .^^

Frustrasi banget ya supaya pengen tirus? Wkwkwkwk
Cuaca mendung pun tak menjadi halangan
Yaiyalah kan mau bagi-bagi hadiah bersama SoMan^^
Tuh para pemenangnya yang di atas itu!

Reader: Val, Vallendri mana? Kok nggak keliatan?

Vallendri: Saya mah apa atuh, hanya serpihan rengginang keasinan.

Itu kan ceritanya hadiah buat yang pasang caption bagus pas share banner acaranya ini. Saya yang nggak aktif medsos dan share โ€˜just shareโ€™ ini mah nggak mungkin masuk kategori. Apalagi lawannya ibu-ibu super aktif dengan followers ribuan. *meringis*

So, wes lah nggak dapet foto sendiri di atas panggung, yang penting bisa dapet foto:

Mbak founder Blogger Crony, Mbak Wardah yang lagi sambutan,
Tanaman hias yang agak menyedihkan, dan
Becak unyu yang terabaikan.

Singkat cerita sehabis pembukaan kami langsung mengikuti workshop dari founder & owner dikidi.com, Om Ferri Yuniardo aka @omferri.

Iya yang famous youtube account itu *wink wink*

Ini salah satu isi channel nya:

Kemudian topik worksop itu sendiri membahas tentang bagaimana bermedia sosial yang baik, benar, dan menguntungkan.

Lima point yang bisa saya ambil dari sesi itu adalah:

  1. Seorang blogger wajib kudu harus aktif di medsos. (PR buat saya)
  2. Fake account, fake followers, fake like, fake-fake-an tidak masalah untuk memulai suatu rencana panjang berbasis internet.
  3. Oleh karena itu, seorang pengguna medsos yang baik adalah dia yang bisa memisahkan medsosnya dengan dunia nyata.
  4. Makanya golongan yang โ€˜kalau medsos tetangga sering post jualan dianya marah besarโ€™ itu adalah golongan yang gagal paham tentang fungsi dan kaidah medsos yang sesungguhnya.
  5. Dan last but not least, dikidi juga membagi pengetahuannya tentang selera sponsor. Ketahuilah bahwa account yang lebih disukai untuk disewa mengiklankan produk mereka adalah account-account yang memancarkan aura positif which is mean nggak terlalu banyak kritik sadis super pedas ataupun galau sedih nelangsa bla bla bla.

Dan selesainya Om Ferri, kegiatan langsung disambungkan oleh narasumber kedua yaitu narasumber dari kementrian kesehatan (kemenkes).

Topik yang disampaikan berfokus pada gaya hidup AwKarin yang semakin hari semakin menjadi kiblat gaya hidup anak muda Indonesia.

Reader(s): Lho, kok kemenkes bahas AwKarin?

Vallendri: Ups. Salah, sorry efek ngantuk. :p

Aslinya mah kemenkes bahas tentang perlunya menjaga kesehatan dan mensosialisasikan itu, yang mana dalam hal ini merupakan salah satu peran yang wajib kudu harus diambil oleh para blogger. I mean yang gampang sosialisasi tinggal tulis kan kita. . .

Ada tiga point yang bisa saya ambil dari sana, dan mereka adalah:

  1. Sehat belum tentu bugar. Sedangkan untuk memanfaatkan diri semaksimal mungkin itu butuh tubuh yang tidak hanya sekadar sehat, tapi juga harus bugar.
  2. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk cek kebugaran secara berkala dan itu bisa dilakukan secara gratis dengan mendatangi kantor kemenkes di Jakarta.
  3. Untuk menjaga kebugaran, ada beberapa hal kecil yang bisa dilakukan seperti; menjaga pola makan, tidur, serta berolahraga ringan.

Lalu setelah kemenkes selesai langsung marathon sambung sama sponsor tunggal gathering itu, SoMan (which is secara lengkap bakal saya tulis secara terpisah nantinya).

Lalu selesai SoMan kan maghrib gitu kan, kita semua dibagi kamar dan dipersilakan kembali ke kamar masing-masing.

Saya kebagian kamar tiga bersama dengan entah seberapa banyak blogger lainnya. . .

This is our room

Its kind of fine for a free gathering except pas malem ada suara tokek yang horror banget sampe saya sering kebangun takut. Untung Mbak Arni yang sebelah saya mau dengan sabar menenangkan. Gumawo Mbak ketche. . . ^^

Orang-orang pada mandi cantik tapi saya mah kagak, ganti baju sama pembalut doang soalnya males ngantre dan sesungguhnya saya juga termasuk golongan yang mandi sehari sekali (even biasanya mandinya malem, yang nggak mandi itu pas pagi. Ini kebalik, pagi mandi, malemnya kagak).

Boom! Makan wae lah!

Entah efek kelaperan atau gimana, yang pasti rasanya enak banget sampe-sampe kalo ada jatah nambah saya bakal nambah lagi.

Reader(s): Tuh kan, gimana kamu bisa mempertanyakan kenaikan berat badanmu sih Vall???

Vallendri: *nyengir*

Selesai makan cantik saya kemudian sharing dengan Riswan dan entah saya lupa namanya, pasangan blogger ketche yang entah juga dari mana saya lupa.

Yeah, saking serunya standing talk itu kita sampe nggak sadar kalo acara selanjutnya which is workshop dari Mbak Ririn Rosaline udah mulai.

Topiknya Personal Branding yang mana merupakan salah satu topik yang sangat menarik dan tentu saja berguna untuk para blogger, apalagi saya yang masih belum menemukan personal brand saya ini.

Singkat saja ini dia lima point yang bisa saya ambil dari materinya Mbak Ririn ketche:

  1. Personal branding adalah refleksi dari diri kita yang mana merupakan acuan bagi orang lain untuk memandang, menilai, dan menempatkan ekspektasi ke kita.
  2. Sangat diperlukan oleh seorang blogger karena itulah yang akan memancing para client (pengiklan dsb) untuk bisa melihat kita berbeda dari yang lain dan memutuskan untuk menggunakan jasa kita.
  3. Personal branding kita itu bisa disimpulkan dari value, skill, behaviour, total look, uniqueness, authenthic, achievement, strength, maupun goal kita.
  4. Negatif personal branding tentu saja dapat bekerja dengan baik contohnya AwKarin, tapi kalau bisa bangunlah personal branding yang positif.
  5. How you look + how you speak + how you act = your personal brand.

Dan terakhir untuk hari itu adalah materi dari Mas Anwari Natari alias Mas Awai yang topiknya tentang penulisan postingan yang baik dan benar.

Well, kalau misalnya Mas Awai ngeliat postingan ini, beliau bisa jadi geleng-geleng pusying pertanda bahwa materinya kemarin hanya masuk telinga kanan lalu keluar telinga kiri.

Tapi nggak sepenuhnya gitu sih kan Mas? Kemaren pas saya tanya, Mas Awai bilang boleh lah begini bahasanya, kan pasarannya juga rerata yang bahasanya juga begini. *nyengir*

So langsung aja ini dia tiga point penting yang bisa saya ambil dari materinya Mas Awai:

  1. Dewasa ini, pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar di ranah internet Indonesia sudah sangat menurun dikalahkan oleh bahasa campur dengan bahasa daerah, bahasa gaul, dan bahasa serapan dari luar.
  2. Padahal bahasa yang baik dan benar sangat dibutuhkan untuk melestarikan jati diri bangsa dan menghindari kesalahpahaman dari pembaca.
  3. Tapi kembali lagi saya juga ada menanyakan tentang โ€œBagaimana jika bahasa โ€˜yang begituโ€™ adalah personal brand kita, bagaimana jika bahasa โ€˜yang begituโ€™ yang membuat kita unik dan beda dari yang lain, bagaimana jika bahasa โ€˜yang begituโ€™ adalah yang diinginkan pembaca?โ€ beliau menjawab โ€œBahasa yang digunakan tidak musti baku dan benar, dan lebih baik dipilih sesuai pembaca sasaran.โ€

Selesai Mas Awai, kami semua para peserta dipersilakan untuk kembali ke kamar masing-masing untuk tidur mandi whatever yang bisa dikerjain di kamar.

Ada yang nulis, ada yang ngobrol, ada yang mandi, ada yang dandan, ada yang ngelonin anak, tapi saya sendiri mah langsung ngorok. Wkwkwkwk

Puji Tuhan cepet tidur begitu mengingat sepagi apa temen-temen lain sudah bangun keesokan pagi nya. I mean hanya Tuhan yang tahu seberapa ganasnya saya kalau misalnya capek dan kurang tidur. :p

Sekali lagi saya nggak mandi tapi hanya mencuci muka dan ganti baju. Bukan gegara ngantre atau gimana sih, saya ke kamar mandi luar dan waktu itu sepi banget. Keputusan nggak mandi itu lebih gegara mau olah raga. Mau lari 1.6 km sampe keringetan sapa yang mau mandi? Banyak sih, tapi saya mah ogah. *nyengir*

Oh krep, udah 2.193 kata!!!

Nggak kerasa dong. Gimandos, kalian masih baca sampe sini apa uda pada nyerah apa pada baca loncat-loncat saking banyaknya?

Mianhaeyo. . . Yaudah bentar lagi bakal aku tulis sesingkat-singkatnya deh.

Nah pagi itu kita langsung pada cek kesehatan. Ada cek gula darah, kolesterol, tekanan darah, berat badan dkk dan nantinya Buk/Pak Dokter bakal memutuskan untuk memperbolehkan atau enggaknya untuk kita tes kebugaran yang mana dilakukan dengan mencatat waktu yang dibutuhkan untuk lari/berjalan sejauh 1.6 km.

Saya lupa ambil raport kesehatan saya, tapi sebelum berangkat dari lapangan, saya ada bisik-bisik sama Pak Dok dan beliau bilang saya bugar berdasarkan lari dan napas saya. So yeah, I will take it as a bugar.

Tau nggak kenapa saya sampe lupa ngambil raport kesehatan? Nasi goreng udah nari-nari manggil dari aula. Gimana bisa inget raport? Ha ha

Saya kemudian makan dan ngacrit ke kamar untuk segera mandi dan berganti pakaian.

Sumpah itu capek banget tapi berasa seger. Yaiyalah abis olahraga!!! *nyengir*

Abis olahraga cantik, foto bareng Melly.

Yeah guys, olahragalah minimal sekali seminggu. Bukan untuk menguruskan badan atau sebagainya, tapi utamanya untuk menjaga badan tetap bugar dan sehat.

Setelah mandi dan berganti pakaian saya kemudian nangkring ngobrol-ngobrol sama blogger lain yang juga mager seperti saya sebelum akhirnya berbaring dan tidur sejenak.

Tidak banyak yang bisa saya ceritakan, semuanya rada gaje (gegara saya mager) sampe kemudian ada panggilan untuk acara penutupan di pukul 10.30.

Perpisahan bersama SoMan, penyerahan beberapa hadiah lagi, dan yeah, kemudian hadiah hadiah lagi, hadiah lagi hadiah lagi sampai akhirnya di jam 14.blablabla kita dipersilahan untuk bubar.

Penutupan 10.30 itu bentaran doang sih, abis itu kita disuruh makan siang. Ini makan siang saya:^^

Ada ayam, tempe, capcay, sambel dan nasi. Syupa kenyang dan ena.

Finnaly happy anniversary buat Blogger Crony. Sukses terus kedepannya, terus berkembang, terus berkarya, dan terus berguna bagi semua orang. Amen.

Aaah, Asinan Blogger happy anniversary juga. Sama-sama dua tahun kayak Blogger Crony.

Sukses ya. Kalau misalnya ada event dan job, jangan lupa kabar-kabarin saya *wink wink*

Thanks juga buat Bloggor yang udah memberikan kesempatan untuk ikut, thanks buat Lutfhi yang udah mau saya tebengin, thanks thanks thanks lah buat semuanya.

See you next time^^

Anak-anak blogor yang dateng ke acara dari kiri ke kanan Lutfhi, Kang Hendra, Vallendri, Melly, Riswan, dan Kang Chandra
Dua wanita Dayak yang ketemu di Blogger Crony
Advertisements

25 thoughts on “Chit-Chat Tentang Gathering Blogger Crony Yang Super Ketche

  1. Jalan teruuuuuussss Vall haha…
    Crony itu apaaan? Anakan blogor kah? Dan ini sbenarnya acara apaa sich, sampai nginep plus ada workshopnya pula? Sepertinya ramai sekali yah. Bikin iri aja val hmm

    Yap. aku paham perasaan itu. Saat kita nulis tak terasa jadinya udah panjaaang banget dan masih memikirkan “apa masih ada yang baca ya kalau sepanjang ini?” wkwk. Tapi memang banyak banget ini kegiatannya mah. Berkesan semua pula. Tentang rangkuman workshop2 itu makasih yak!

    Itu tanaman hias dan becak menyedihkan ngapain difoto lagi wkwk

    Liked by 1 person

    1. Wkwkwkwk gratis soalnya Del. Bagaimana aku bisa tidak ikut event dengan banyak workshop dan makanan gratis?๐Ÿ˜‚

      Itu ada 100 blogger yang ikutan.

      Crony itu kalo ga salah sih komunitas gitu. #tuhkanpaspenjelasankebanyakanngobrol

      Ehm well, liat kan di bawah jadi padet aneh gitu gegara ku persingkat takut kepanjangan. Padahal cerita tentang ngerekam video ulang tahun, makan kue, dan bahkan balik ujan2an nya nggak keceritain. Tapi kan kalo kebanyakan takut readernya puyen. Nulis mah emang gitu. Awalnya ga tau mau nulis apa, ujung2nya ga tau gimana supaya berenti nulis๐Ÿ˜‚

      Liked by 1 person

      1. Iyaaa.. Berhenti nulis punya kesulitan sendiri dibanding pas mau mulai nulis ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ Berarti nginepnya juga gratis tuh? Wii.. Beruntungnya dirimu nak, nak. Gabung komunitas gitu punya segudang manfaat sepertinya yak

        Liked by 1 person

      2. Hi hi hi hi makanya.

        Gratis semua kecuali transport.๐Ÿ˜„

        Entar deh aku tanya crony. Itu di jkt Del. Kali aja terbuka untuk umum dan kamu bisa ikut. Seru dan bermanfaat emang berkomunitas.

        Like

  2. Wah sekali muncul langsung nulis panjang wkwkw…. Tapi saya beneran loh gan meloncat-loncat bacanya. Enak ya blogger2 di kota besar. Bisa datang ke event2 gitu. Banyak makanannya plus ilmunya. Keren. Sukses selalu val.

    Liked by 1 person

      1. *ampun kak, ampun, jangan bunuh, jangan bunuh ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

        Ayok Kak, kita diet dengan cara olahraga ๐Ÿ˜‚

        Like

What you think guys?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s